70 Tahun CIMB Niaga: Kisah Cak Ali, dari Bisnis Penjualan Tiket Pesawat hingga Kuliah S2

30 Sep 2025

IVOOX.id – Sejak berdiri pada 1955, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dikenal sebagai pelopor inovasi di sektor perbankan Indonesia, mulai dari ATM pertama, layanan online banking, hingga aplikasi OCTO Mobile yang terus disempurnakan. Kini, sebagai bank swasta nasional terbesar kedua dengan lebih dari 9,1 juta nasabah, CIMB Niaga mengedepankan hubungan jangka panjang dengan nasabah, terbukti dari raihan Net Promoter Score (NPS) 57 pada 2024. 

Di balik capaian itu, terdapat kisah nyata, salah satunya Ali Mansur yang kehidupannya terbantu berkat solusi keuangan dari CIMB Niaga. Cak Ali, sapaan akrabnya, adalah seorang karyawan swasta yang juga menjalankan usaha kecil-kecilan dengan membuka jasa penjualan tiket pesawat sejak 2013 silam.

Cak Ali menyebut CIMB Niaga sebagai mitra keuangan yang telah menemaninya melewati berbagai fase kehidupan. Bahkan, dia sudah memiliki rekening bank tersebut sebelum bekerja secara formal sebagai karyawan swasta di salah satu perusahaan media massa di Jakarta. Kehadiran CIMB Niaga membantunya yang tidak pandai menabung untuk mengatur keuangan.

“CIMB Niaga bukan cuma tempat saya menyimpan uang. Mereka hadir saat saya butuh solusi nyata, bukan sekadar layanan formalitas,” ungkap pria berusia 37 tahun itu, saat diwawancarai di Jakarta, Selasa (30/9/2025).

Ali memulai bisnis jasa penjualan tiket pesawat pada medio 2013 saat masih duduk di semester akhir di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Pada saat itu, salah satu maskapai low-cost yang sedang naik daun hanya menerima pembayaran melalui CIMB Niaga. Berkat kemudahan itu, Cak Ali bisa melayani pelanggan dengan cepat dan efisien, hingga akhirnya bisnis tersebut membantu membiayai kuliahnya hingga lulus S1 tepat waktu.

“Untung saya sudah jadi nasabah CIMB Niaga. CIMB Clicks benar-benar berjasa waktu itu. Sekarang ada Octo mobile yang lebih fleksibel dan canggih," ucap pria yang berdomisili di Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu.

Tak hanya dalam urusan bisnis, bagi Cak Ali, CIMB Niaga juga memberi kenyamanan ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Hobi “backpakeran” yang dilakoninya sejak muda, membutuhkan layanan perbankan yang fleksibel dan memudahkan untuk membayar akomodasi selama bepergian di luar negeri.

“Saya bisa tarik tunai dengan mudah di Malaysia melalui ATM CIMB. Praktis dan bikin tenang,” kata Cak Ali.

Menurut Cak Ali, kemudahan dan fleksibilitas tersebut membuatnya semakin yakin bahwa CIMB Niaga tidak hanya hadir lewat layar, tapi juga di lapangan mengikuti mobilitas nasabahnya. Fleksibilitas dan kemudahan yang sama juga dirasakannya, saat CIMB Niaga membantunya melewati masa-masa sulit di hidupnya.

Seperti banyak pelaku usaha kecil lainnya, tahun 2024 menjadi masa sulit Cak Ali. Bisnis tiketnya sempat merosot drastis karena berkurangnya permintaan. Sementara di waktu yang sama, dia baru memulai kuliah S2 dan harus menghadapi lonjakan pengeluaran di tengah situasi ekonominya yang belum pulih karena imbas pandemi Covid-19.

“Saya sempat bingung. Gaji masih kena potongan karena efek pandemi, sementara biaya kuliah dan hidup makin naik,” beber Cak Ali.

Di tengah tekanan tersebut, CIMB Niaga kembali hadir membawa solusi melalui program CashPlus dari kartu kredit. “Saya ditawari pinjaman Rp20 juta dengan bunga rendah dan tenor 12 bulan. Prosesnya cepat dan tanpa ribet. Yang penting, cicilannya ringan dan transparan,” kata Cak Ali.

Pinjaman itu membantunya membayar uang kuliah, menjaga bisnis tetap berjalan, dan mengatur cash flow tanpa stres berlebih. Kini, pinjaman itu sudah lunas. Bisnis tiket Cak Ali kembali stabil, kata dia, keberhasilan ini tak lepas dari campur tangan CIMB Niaga

Adaptif Mengikuti Perubahan Zaman

Di usianya yang menginjak tujuh dasawarsa, CIMB Niaga tidak hanya tangguh secara finansial, tetapi juga adaptif terhadap perubahan zaman dan bertanggung jawab terhadap sosial serta lingkungan. Seluruh pencapaian yang telah diraih CIMB Niaga menjadi fondasi kuat untuk terus membantu nasabah dan masyarakat Indonesia mewujudkan mimpi serta aspirasinya dengan layanan finansial yang aman, cepat, dan berdampak positif.

"Di usia 70 tahun ini, kami tidak hanya merayakan perjalanan panjang CIMB Niaga, tetapi menegaskan posisi kami sebagai bank yang relevan di setiap era: stabil secara finansial, inovatif secara digital, serta bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan,” tegas Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, di Jakarta.

Sebagai wujud apresiasi kepada nasabah, CIMB Niaga menghadirkan berbagai program dan promo menarik dalam rangka HUT ke-70. Di antaranya adalah program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) HUT ke-70 dengan bunga mulai 6,20 persen fixed 5 tahun, yang ditujukan bagi nasabah yang ingin mewujudkan rumah impian. Untuk kebutuhan liburan dan belanja keluarga, CIMB Niaga memberikan keuntungan tambahan melalui kartu kredit, festival belanja, serta cashback di berbagai merchant pilihan.

“Kami berharap beragam program yang kami hadirkan dapat terus meningkatkan loyalitas nasabah. Di usia ke-70, CIMB Niaga siap melangkah ke depan dengan penuh keyakinan untuk mengukir lebih banyak kisah sukses bersama nasabah," kata Lani.

Lebih lanjut, Lani menyampaikan, dengan semangat bekerja dari hati (Work From Heart), CIMB Niaga berkomitmen untuk terus menyediakan solusi keuangan yang relevan bagi nasabah individu dan bisnis. Komitmen ini juga menjadi bagian dari kontribusi bank dalam mendukung kemajuan Indonesia melalui inovasi digital dan penerapan prinsip keberlanjutan.

Komentar

Berhasil Login.....

Gagal Login

Back to Top

Komentar berhasil di tambah

Komentar berhasil di Edit

Komentar berhasil di Dihapus

Anda Harus Login

Tidak Boleh Kosong