Kesadaran Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Masih Rendah di Kalangan Perempuan Muda

23 Apr 2025

IVOOX.id – Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan tagline baru “Ekspresikan Diri Tanpa Henti”. Tagline ini menjadi komitmen untuk terus mendampingi perempuan muda Indonesia, khususnya generasi Z, agar tetap percaya diri dan aktif mengekspresikan diri di mana pun dan kapan pun termasuk saat mereka sedang haid. 

Salah satu latar belakang kuat peluncuran tagline tersebut adalah rendahnya tingkat kesadaran akan pentingnya kesehatan reproduksi di kalangan perempuan muda Indonesia. Data yang dikutip Charm menyebutkan hanya sekitar 25 persen perempuan muda yang memahami pentingnya mengganti pembalut secara teratur. Hal ini menunjukkan perlunya edukasi yang lebih konsisten dan menyeluruh tentang manajemen kebersihan menstruasi.

Wakil Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia, Takeyuki Matsuura, menekankan pentingnya memahami dinamika kehidupan perempuan muda saat ini. “Kami ingin memastikan menstruasi bukan menjadi hambatan untuk terus berkarya. Peluncuran brand message ‘Ekspresikan Diri Tanpa Henti’ adalah bentuk nyata dukungan kami kepada perempuan Indonesia untuk terus mengejar impian dan berkembang di setiap tahap kehidupan mereka,” katanya pada Selasa (22/4/2025).

Manajemen kebersihan menstruasi (MKM) yang baik sangat penting untuk mencegah risiko infeksi dan gangguan kesehatan reproduksi lainnya. “Dengan perawatan yang tepat saat menstruasi, perempuan tidak hanya akan lebih nyaman, tapi juga lebih sadar akan tanggung jawab atas kesejahteraan dirinya,” ujar dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG-KFER.

Sementara itu, aktris dan Brand Ambassador CHARM, Syifa Hadju, turut menyuarakan semangat kampanye ini. “Sebagai perempuan, kita harus percaya diri di setiap kesempatan, termasuk saat menstruasi. Aku bersama CHARM ingin mendorong perempuan Gen Z untuk berani menunjukkan kemampuan mereka dalam berbagai kondisi,” ujarnya.

Syifa juga menambahkan bahwa kebebasan berekspresi adalah kunci untuk tumbuh secara utuh sebagai individu. Ia mengapresiasi CHARM yang mampu memberikan rasa nyaman selama menstruasi, sehingga ia bisa fokus pada pengembangan diri dan meraih mimpi.

CHARM aktif menjalankan berbagai inisiatif sosial. Sejak 2021, CHARM telah bekerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dalam edukasi SADARI (Periksa Payudara Sendiri), mengadakan kampanye kesetaraan gender, serta aktif dalam memperingati Hari Perempuan Internasional dan mendorong literasi MKM (Manajemen Kebersihan Menstruasi).

“Kami percaya bahwa potensi perempuan Indonesia sangat besar, dan perlu terus didorong melalui berbagai upaya, baik melalui inovasi produk maupun edukasi. Semua ini kami lakukan untuk mendukung misi besar kami, yaitu Ethical Living for SDGs, di mana setiap kegiatan perusahaan memberi dampak sosial positif kembali ke masyarakat,” Kata Matsuura.

Komentar

Berhasil Login.....

Gagal Login

Back to Top

Komentar berhasil di tambah

Komentar berhasil di Edit

Komentar berhasil di Dihapus

Anda Harus Login

Tidak Boleh Kosong