AI Lazada Hadirkan Pengalaman Belanja Cerdas dan Personal untuk Konsumen Indonesia
IVOOX.id – Di era eCommerce yang bergerak cepat, platform belanja online dituntut untuk memberikan rekomendasi diskon dan voucher secara cepat, tepat, dan terasa personal bagi setiap pengguna. Teknologi Artificial Intelligence (AI) pun hadir sebagai solusi untuk mewujudkan pengalaman belanja yang relevan dan efisien. Bayangkan seseorang baru saja mencari produk impiannya setelah gajian, lalu ponselnya langsung menampilkan notifikasi berisi diskon besar untuk produk tersebut berkat kecanggihan AI.
Riset Kantar bersama Lazada berjudul Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam eCommerce di Asia Tenggara pada 2024 menunjukkan, hampir seluruh konsumen online di Indonesia (96 persen) percaya bahwa AI mampu menyaring produk sesuai preferensi mereka. Namun, sebanyak 49 persen konsumen juga mengeluhkan sering ketinggalan informasi voucher atau diskon saat berbelanja online.
Riset tersebut juga mencatat bahwa keputusan belanja konsumen dipengaruhi oleh tiga faktor utama: kualitas produk (54 persen), harga yang kompetitif (54 persen), serta ketersediaan voucher dan diskon (51 persen). Sebanyak 36 persen konsumen bahkan mengaku aktif membandingkan harga, mencari flash sale, dan menunggu waktu promosi demi harga terbaik.
Merespons dinamika ini, Lazada menghadirkan AI Lazzie, asisten belanja berbasis AI yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan produk dan penawaran terbaik secara instan. Teknologi ini tidak hanya memberikan rekomendasi produk secara personal, tetapi juga menyajikan informasi terkini tentang diskon dan promo yang sedang berlangsung.
“Kami menyadari bahwa peran AI saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari, seperti dalam pengambilan keputusan belanja online. Kami melihat bagaimana konsumen semakin cerdas dalam mencari penawaran terbaik, termasuk voucher dan diskon. Pemahaman ini mendorong kami untuk terus berinvestasi pada pengembangan teknologi, termasuk AI, untuk menyajikan pengalaman belanja yang cerdas dan personal,” ujar Head of Business Growth and Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo dalam keterangan resmi yang diterima ivoox.id Minggu (27/7/2025).
Lazada juga menyematkan AI Lazzie pada momen kampanye besar seperti Lazada PayDay Sale yang digelar 25-27 Juli 2025, di mana konsumen bisa menikmati berbagai penawaran spesial, khususnya dari kanal LazMall yang menjamin keaslian produk.
Dengan dukungan teknologi Alibaba, AI Lazzie membawa empat fitur utama untuk mendukung konsumen dan penjual. Yakni Fitur Pesan+ yang menyuguhkan pesan personal berisi rekomendasi belanja, akses ke voucher tersembunyi, hingga promo eksklusif; Model Try-On untuk pengalaman mencoba pakaian secara virtual yang membantu pengguna memilih ukuran dan model yang pas.
Selanjutnya fitur deskripsi produk Berbasis AI untuk membantu penjual menyusun deskripsi produk yang lebih menarik dan sesuai minat pembeli, serta fitur ulasan cerdas berbasis AI untuk merangkum ulasan produk menjadi informasi padat untuk mempercepat pengambilan keputusan belanja.
“Kemampuan AI dalam menyaring dan menganalisis informasi dalam skala besar memungkinkan platform eCommerce seperti Lazada untuk memahami kebutuhan konsumen dengan lebih tepat. Karenanya, Lazada akan terus berinvestasi dalam pengembangan teknologi berbasis AI dan GenAI demi menciptakan pengalaman belanja online terbaik bagi konsumen kami,” kata Amelia.
Berhasil Login.....
Gagal Login
Komentar
Edit Komentar
Hapus Komentar
Anda yakin ingin menghapus komentar ?