Bandara Soekarno-Hatta Layani 3,5 Juta Penumpang Selama Angkutan Lebaran 2025

13 Apr 2025

IVOOX.id – PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney) Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatatkan sebanyak 3.559.461 orang penumpang penerbangan telah dilayani selama masa angkutan Lebaran Idulfitri 1446 Hijriah/2025 Masehi. Di mana, masa angkutan itu dimulai sejak periode Lebaran yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025.

"Selama periode tersebut, Bandara Soekarno-Hatta mencatat melayani sebanyak 3.559.461 penumpang, jumlah ini naik 7,9 persen dibandingkan tahun 2024 yang mencatatkan 3.298.574 penumpang," kata General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Minggu (13/4/2025), dikutip dari Antara.

Menurut dia, selama angkutan Lebaran ini, terjadi peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat.

Hal tersebut didorong oleh periode libur Lebaran yang lebih panjang sehingga mobilitas masyarakat untuk melakukan perjalanan udara meningkat.

Selain itu, kenaikan jumlah penumpang ini menunjukkan tingginya aktivitas penerbangan pada masa arus mudik dan arus balik tahun ini, yang tersebar merata hampir di seluruh terminal keberangkatan dan kedatangan, baik domestik maupun internasional.

"Seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta juga mengalami pertumbuhan selama periode angkutan lebaran tahun 2025," katanya.

Tercatat sebanyak 23.476 pergerakan pesawat terjadi sepanjang periode tersebut, atau naik sekitar 1,7 persen dibandingkan periode angkutan lebaran sebelumnya.

Kenaikan ini mencerminkan intensitas operasional yang tetap terjaga dengan baik di tengah tingginya aktivitas penerbangan.

Kondisi operasional selama periode lebaran juga berjalan baik dengan capaian On Time Performance (OTP) sebesar 73 persen.

Cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah tidak berdampak signifikan terhadap kelancaran penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pelayanan kepada penumpang tetap optimal.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh insan bandara, kolaborasi dengan stakeholder, serta kepercayaan para penumpang sehingga operasional di Bandara Soekarno-Hatta dapat berjalan aman, nyaman, dan terkendali sepanjang masa angkutan lebaran tahun 2025 ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Dwi menambahkan bahwa koordinasi intensif, penerapan skenario layanan, serta pemantauan 24 jam melalui posko angkutan lebaran menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga kelancaran arus mudik dan arus balik.

"Kami juga secara konsisten melakukan evaluasi harian dan menyesuaikan kebutuhan pelayanan di lapangan agar tetap responsif terhadap dinamika yang terjadi. Dan dengan selesainya periode angkutan lebaran tahun 2025, kami resmi menutup operasional Posko Terpadu pada sabtu ini," tutur dia.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan operasional bandara dari berbagai aspek, demi memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pengguna jasa.

Inovasi, peningkatan infrastruktur, serta optimalisasi koordinasi antar pihak akan terus menjadi fokus utama dalam melayani mobilitas penumpang di bandara.

Komentar

Berhasil Login.....

Gagal Login

Back to Top

Komentar berhasil di tambah

Komentar berhasil di Edit

Komentar berhasil di Dihapus

Anda Harus Login

Tidak Boleh Kosong